» » » Bersih Makam, Haul Simbah Kyai Ismail At Tohir

News Update Pati - Pelaksanaan Haul Al MAghfurllah Simbah Kyai Ismail memang akan dilaksanakan hari Kamis, Jum'at, tanggal 3-4 Maret 2016. Namun bersih makam yang sudah menjadi agenda rutin sudah dilaksanakan ahad 21/2 kemarin. Acara bersih desa dimulai pukul 06.30 pagi dengan dihadiri warga desa tawangrejo dan sebagian warga desa lamban.

Mengapa warga desa lamban ikut serta dalam bersih-bersih makam desa Tawangrejo? padahal meraka bukan penduduk asli tawangrejo. Ini disebabkan banyak penduduk desa lamban yang telah meninggal dikuburkan di desa Tawangrejo. Budaya ini sudah dilakukan sejak dahulu kala, "bahkan banyak keluarga lamban yang memang asalnya dari tawangrejo". tutur mbah damin (penduduk Lamban).

Kegiatan bersih makam selesai dilaksanakan sekitar pukul 10.00, kemudian para murid Kyai Ismail melanjutkan kegiatan bersih lingkungan sekitar tempat pengajian bakal berlangsung. Lokasi pengajian yang bakal dihadiri kyai hebat dengan ilmu sepuhnya, yaitu dari masjid Tawangrejo ke arah selatan kurang lebih 100 meter.

Banyak habib-habib yang bakal diundang. Para ulama dan kyai juga bakalan hadir. Pengajian yang diperkirakan akan dihadiri kurang lebih 3000 hadirin ini dibiayai dari berbagai pihak, dan sumbangan para santri. Kegiatan ini tentunya bakalan menelan biaya yang banyak. Namun semuanya bakal berjalan dengan lancar dalam hal biaya kegiatan, sebab semua sudah saling guyub dan menanggung secara bersama. "Pokok masalah kui aman" tutur gus Ali Akbaruddin disela-sela jagongan. jika kami artikan, semua berkenaan dengan biaya, aman.

Dari deklit dan sound sistem saja sudah menelan kurang lebih 10 juta rupiah. Itu bahkan sudah disumbang beberapa perlengkapan. Artinya bahwa kegiatan rutin tahunan ini bakal habis uang banyak.

Harapan panitia semoga kegiatan ini sukses.

About Guru Seni Budaya

Penulis blog hasil rangkuman berita dari berbagai media masa dan elektronik dan penelusuran sendiri, semoga bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi dan motivasi kepada anda.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

4 comments:

  1. Semoga acara haul guru saya mbah Kyai Ismail tawang rejo dapat berjalan dngn lancar.
    Subhanallah...guru saya ini benar2 seorang waliyullah. Beruntunglah saya pernah dinasehatinya agar kembali ke jalan yg benar.

    ReplyDelete
  2. Semoga acara haul guru saya mbah Kyai Ismail tawang rejo dapat berjalan dngn lancar.
    Subhanallah...guru saya ini benar2 seorang waliyullah. Beruntunglah saya pernah dinasehatinya agar kembali ke jalan yg benar.

    ReplyDelete
  3. berita supernova - Menyediakan Berita Terbaru dan Info Menarik

    Peristiwa | Berita Mancanegara | Tips Menarik
    Kriminal | Kesehatan | Viral

    ReplyDelete